Cara Setting Domain .eu.org di Blogger

arsipbiru_setting-domain-eu-org-di-blogger

Arsipbiru.com - Pada postingan kali ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana cara setting domain .eu.org di Blogger. Seperti yang kita ketahui bahwa domain .eu.org adalah salah satu situs penyedia domain gratis yang masih bertahan hingga saat ini sejak tahun 1996. Domain .eu.org merupakan domain yang berumur lama dan tanpa biaya perpanjangan. Untuk mendapatkan domain .eu.org secara gratis terbilang cukup sulit. Ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi. Hal ini untuk mencegah penyalahgunaan domain untuk hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun terbilang sulit, Anda bisa kok mendapatkan domain .eu.org secara gratis asalkan Anda sanggup mematuhi persyaratan yang diberikan oleh penyedia domain .eu.org.


Nah, bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan domain .eu.org secara gratis dapat membaca artikel sebelumnya pada artikel yang berjudul Cara Mendapatkan Domain .eu.org Gratis. Setelah mendaftar, Anda harus menunggu setidaknya 7 hari hingga 60 hari untuk dapat notifikasi bahwa domain yang Anda daftarkan sudah siap digunakan. Seperti halnya saya, saya telah mendaftarkan domain skripto.eu.org pada tanggal 31 Agustus 2022. Setelah menunggu cukup lama, yakni 1 bulan 8 hari, saya mendapatkan notifikasi email pada 8 Oktober 2022 yang isinya tidak lain adalah domain yang saya daftarkan telah sukses diverifikasi. Berikut notifikasi bahwa domain Anda telah diverifikasi.

arsipbiru_tampilan-balasan-email-dari-penyedia-domain-eu-org


Namun, akan menjadi masalah ketika domain telah berhasil diverifikasi. Anda mungkin akan merasa bingung, apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana cara setting di salah satu platform blogging, yakni Blogger?


Untuk setting domain .eu.org di Blogger, caranya terbilang cukup mudah. Seperti halnya Anda setting domain TLD lainnya. Jika Anda masih bingung juga, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini agar domain .eu.org yang Anda daftarkan dapat segera aktif.


Cara Setting Domain .eu.org di Blogger

1. Pertama, silahkan masuk ke akun Blogger Anda.


2. Selanjutnya pilih menu Setelan > Dasar > Custom Domain dan masukkan alamat blog Anda yang telah diverifikasi. Misalnya, www.skripto.eu.org. Anda harus menuliskan www di awal domain Anda agar mendapatkan kode dari Google untuk setting selanjutnya.


3. Jika domain yang Anda masukkan sesuai dengan langkah kedua, maka Anda akan mendapatkan dua kode CNAME yang nantinya akan kita gunakan nanti.

arsipbiru_tampilan-setting-domain-di-blogger


4.Jika Anda menggunakan DNS selain Hostry.com, silahkan masuk ke pengaturan DNS dan tambahkan CNAME dan A Record berikut ini. Namun, jika Anda menggunakan Hostry.com, silahkan masuk ke akun Hostry.com Anda. Kemudian, cari menu Service > Free DNS > Masuk ke dalam pengaturan domain Anda.


5. Kemudian, Anda tambahkan CNAME dan A Record seperti berikut ini.


Berikut 4 A Record yang harus Anda tambahkan di pengaturan DNS.


Name/Label: @

Type: A

TTL: 14400

RDATA/Host/IP: 216.239.32.21


Name/Label: @

Type: A

TTL: 14400

RDATA/Host/IP: 216.239.34.21


Name/Label: @

Type: A

TTL: 14400

RDATA/Host/IP: 216.239.36.21


Name/Label: @

Type: A

TTL: 14400

RDATA/Host/IP: 216.239.38.21


6. Selanjutnya, tambahkan 2 CNAME Record yang Anda dapatkan di pengaturan domain di Blogger tadi.


Berikut 2 CNAME Record yang harus Anda tambahkan di pengaturan DNS.


Name/Label: www

Type: CNAME

TTL: 14400

RDATA/Host/IP: ghs.google.com


Name/Label: Masukkan kode unik domain Anda

Type: CNAME

TTL: 14400

RDATA/Host/IP : Masukkan Host unik domain Anda


Berikut tampilan jika semua record berhasil Anda tambahkan.

arsipbiru_tampilan-cname-dan-a-record-berhasil-ditambahkan


7. Selesai. Domain .eu.org yang Anda daftarkan sudah bisa diakses.


Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara setting domain .eu.org di Blogger. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details