Cara Membuat Forum Diskusi di Blogger

arsipbiru_membuat-forum-diskusi-di-blogger

Arsipbiru.com - Selamat datang di Arsipbiru, blog sederhana yang membahas berbagai tutorial, baik blogging hingga tutorial yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, serta membahas seluk beluk akuntansi. Nah, karena pada pertemuan kali ini, saya akan membahas tentang tutorial blogging yang berjudul cara membuat forum diskusi di Blogger.


Tentu saja Anda mungkin telah mengenal apa itu forum diskusi. Forum diskusi adalah fasilitas yang tersedia di internet yang memungkinkan penggunanya dapat berdiskusi. Forum diskusi berbasis internet ini sudah dikenal sejak tahun 1995, dan fungsinya mirip bahkan lebih baik dari papan buletin dan milis internet yang sudah ada sejak tahun 1980-an. Perasaan komunitas virtual sering muncul pada forum-forum yang memiliki anggota tetap. Teknologi, permainan komputer, dan politik merupakan tema paling populer yang menjadi pokok bahasan di forum ini, tetapi masih banyak lagi topik-topik lainnya.


Untuk membuat forum diskusi ini, caranya terbilang cukup mudah. Ada berbagai cara yang dapat Anda terapkan di antaranya menyematkan script Disqus, memodifikasi kolom komentar bawaan Blogger, dan lain-lain.


Nah, Anda sangat beruntung sekali karena telah mampir di blog ini. Karena di tutorial ini, saya akan membahas keduanya, baik menyematkan script Disqus di Blogger maupun memodifikasi kolom komentar bawaan Blogger, untuk membuat forum diskusi sendiri di blog. Untuk langkah-langkahnya silahkan Anda simak baik-baik berikut ini.


Cara Membuat Forum Diskusi di Blogger

Seperti yang saya katakan di atas, ada beberapa cara untuk membuat forum diskusi di Blogger di antaranya menyematkan script Disqus di Blogger, memodifikasi kolom komentar bawaan Blogger, dan masih banyak lagi.


Perlu diketahui bahwa setiap template menggunakan kode CSS, HTML, dan JavaScript yang berbeda-beda. Sehingga Anda hanya perlu menyesuaikan dengan template yang Anda gunakan. Namun, Anda tidak perlu repot-repot, Anda cukup menyematkan script Disqus di Blogger. Sebab script Disqus ini dapat diterapkan diberbagai jenis template Blogger.


Sedangkan untuk forum diskusi hasil modifikasi kolom komentar bawaan Blogger, tentu akan sangat merepotkan. Terlebih lagi bagi Anda yang masih awam dengan kode-kode.


Nah, langsung saja ke pokoknya berikut ini jika Anda tertarik ingin membuat forum diskusi sendiri di blog Anda. Satu hal lagi bahwa forum diskusi ini sudah mendukung format gambar. Jadi, Anda dapat berdiskusi dengan mengirimkan gambar melalui forum diskusi ini.


Membuat Forum Diskusi dengan Disqus

1. Pertama, silahkan masuk ke akun Blogger masing-masing.


2. Selanjutnya, pilih menu Halaman.


3. Lalu, klik + Halaman Baru dan beri judul halaman tersebut dengan "Forum Diskusi" atau semacamnya.


4. Tekan gambar Pensil untuk beralih dari mode Compose ke mode HTML.


5. Kemudian masukkan kode berikut ini di kotak yang tersedia.

Ini adalah forum diskusi tempat bertanya jawab dan ngobrol santai tentang segala hal. Anda bisa mengirim gambar di sini. Kami tidak menerima pertanyaan tentang Blog via Whatsapp!<br /><br />

<!--[ Comment disqus ]-->

      <b:includable id="post-commentDisqus">

        <div class="commentDisqus" id="disqus_thread">

          <div class="commentsButton button outline" id="disqusshow" onclick="load_Comments()">

            <span data-text="Tekan Disini Untuk Mulai Berdiskusi">

</span></div>

        </div>

        <script>/*<![CDATA[*/ var disqus_shortname = "USERNAME_DISQUS"; !function(){var e=document.createElement("script");e.defer=!0,e.src="//"+disqus_shortname+".disqus.com/blogger_item.js",(document.getElementsByTagName("head")[0]||document.getElementsByTagName("body")[0]).appendChild(e)}(); function load_Comments(){var e=document.getElementById("disqusshow");e.style.display="none";var t="saifullah2709";!function(){var e=document.createElement("script");e.defer=!0,e.src="https://"+t+".disqus.com/embed.js",(document.getElementsByTagName("head")[0]||document.getElementsByTagName("body")[0]).appendChild(e)}()}; var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); }; /*]]>*/</script>

      </b:includable>

Silahkan Anda sesuaikan kalimat pembukanya dengan kalimat yang Anda inginkan. Sedangkan untuk USERNAME_DISQUS, silahkan Anda ganti dengan username Disqus Anda.

6. Terakhir, klik Publikasikan dan lihat hasilnya.

Membuat Forum Diskusi dengan Modifikasi Kolom Komentar Blogger

Di tutorial yang satu ini hanya dikhususkan bagi pengguna template Median UI 1.6. Namun, tidak menutup kemungkinan dapat diterapkan pada template selain Median UI 1.6. Hanya saja Anda perlu menyesuaikan kode-kodenya untuk dapat menerapkan cara ini.

Ada setidaknya tiga tahapan untuk membuat forum diskusi dengan cara ini, yaitu tahap membuat halaman baru, tahap mengaktifkan kolom komentar di halaman, dan tahap menghilangkan breadcrumb.

Tahap Membuat Halaman Baru

1. Pertama, silahkan masuk ke Blogger.

2. Selanjutnya, pilih menu Halaman.

3. Lalu, klik + Halaman Baru dan beri judul halaman tersebut dengan "Forum Diskusi" atau semacamnya.

4. Pastikan kotak artikel dalam keadaan mode Compose. Lalu, tambahkan kalimat berikut ini sebagai kalimat pembuka. Namun, Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan keinginan.

Ini adalah forum diskusi tempat bertanya jawab dan ngobrol santai tentang segala hal. Anda bisa mengirim gambar di sini.


5. Terakhir, klik Publikasikan.

Tahap Mengaktifkan Kolom Komentar di Halaman

1. Pertama, silahkan masuk ke Blogger.

2. Selanjutnya, pilih menu Tema.

3. Tekan icon Segitiga Terbalik di samping menu Sesuaikan.

4. Lalu, pilih Edit HTML.

5. Cari kode <!--[ Blogger Comments ]--> dan Anda akan menemukan kode seperti ini di bawahnya.

<b:include cond='data:post.allowComments and data:view.isPost and !data:view.isPreview' data='post' name='threadedComments-modifV3'/>

6. Lalu ganti dengan kode tersebut di atas dengan kode berikut ini.

<b:include cond='data:post.allowComments and data:view.isSingleItem and !data:view.isPreview' data='post' name='threadedComments-modifV3'/>

Tahap Menghilangkan Breadcrumb

1. Masih di editor template, silahkan cari kode <!--[ Post brdCmb ]-->

2. Nanti, Anda akan menemukan kode berikut ini di bawahnya.

<b:include cond='data:view.isSingleItem' data='post' name='breadcrumb'/>

3. Silahkan ganti kode tersebut di atas dengan kode berikut ini.

<b:include cond='data:view.isPost' data='post' name='breadcrumb'/>

4. Terakhir, silahkan klik Simpan Tema.

Demikianlah tutorial bagaimana cara membuat forum diskusi di Blogger. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber:

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details