Cara Daftar dan Menggunakan ChatGPT

arsipbiru_cara-daftar-dan-menggunakan-chatgpt

Arsipbiru.com - Selamat datang kembali di Arsipbiru. Kali saya ingin membagikan tutorial-tutorial yang sedang trend di era saat ini. Pernahkah Anda mendengar istilah kecerdasan buatan (AI)? Kecerdasan buatan adalah kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang dapat diatur sedemikian rupa dalam konteks ilmiah. Kecerdasan buatan ini biasa dikenal dengan sebutan AI. Baru-baru ini kita dihebohkan dengan platform yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) pada sistemnya. Platform tersebut adalah ChatGPT, yang dikembangkan oleh perusahaan kecerdasan buatan, OpenAI. Banyak dari pengguna di seluruh dunia memanfaatkan ChatGPT untuk mempermudah pekerjaan mereka, salah satunya membuat barisan kode hingga mengerjakan pekerjaan rumah.


Apa itu ChatGPT?

ChatGPT adalah platform pesan dengan kecerdasan buatan (AI) yang dikembangkan oleh OpenAI. ChatGPT tak hanya dapat digunakan di perangkat desktop saja, tetapi di perangkat mobile pun dapat menggunakannya dengan baik. Platform buatan OpenAI ini menjadi platform yang sangat populer beberapa waktu ke belakang. Popularitasnya bahkan membuat platform ini mendapat dukungan penuh dari raksasa teknologi, Microsoft.


Hal ini dikarenakan ChatGPT memiliki kemampuan untuk berinteraksi dan memberi balasan yang sangat natural dan mirip seperti manusia. Respons yang diberikan juga sangat akurat dengan instruksi yang ditulis oleh penggunanya. Oleh karena itu, Microsoft menambatkan ChatGPT ke peramban Bing untuk memberikan pengalaman mencari informasi yang lebih baik.


Kegunaan ChatGPT

ChatGPT merupakan platform pesan dengan kecerdasan buatan yang memiliki kegunaan yang luar biasa bagi penggunanya. Sehingga membuat platform ini menjadi sangat populer akhir-akhir ini. Berikut kegunaan dari ChatGPT yang menjadikannya semakin populer.


1. Menjawab pertanyaan sulit dan kompleks

Biasanya kita pasti akan menggunakan mesin pencari untuk menemukan suatu informasi yang kompleks.

Namun, dengan adanya ChatGPT, orang-orang akan lebih mudah dalam mencari suatu jawaban dari pertanyaan yang cukup kompleks hanya dengan mengetikkan pertanyaan tersebut di kotak yang tersedia. Misalnya, “Coba jelaskan apa itu internet pada anak umur 5 tahun”. Maka, platform ini pun akan memberi penjelasan lengkap tentang internet melalui analogi-analogi yang dapat dimengerti anak kecil.


2. Mengerjakan soal esai dan tugas matematika

ChatGPT juga dapat menghasilkan esai sesuai dengan petunjuk yang diberikan oleh pengguna. Mulai dari topik, jumlah kata, hingga gaya bahasa, kamu dapat menyesuaikannya dengan keinginan lalu ChatGPT ini akan menghasilkan esai persis seperti petunjuk yang tertulis. Hebatnya, teks yang dihasilkan cenderung tidak terlalu terdengar seperti robot dan memiliki kadar plagiasi yang sangat rendah. Selain esai, beberapa orang juga menemukan bahwa mereka bisa menggunakan teknologi AI ini untuk bertanya tentang soal matematika.


3. Membuat barisan kode pemrograman

Kegunaan ChatGPT yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya adalah mampu mengerjakan coding dan debugging. Anda dapat memberi instruksi untuk mengidentifikasi apa yang salah dengan rangkaian coding JavaScript, lalu AI ini akan mampu membantumu menemukan kesalahannya. Kendati demikian, para programmer sangat tidak menyarankan untuk melakukan proses deploy menggunakan code yang diproduksi oleh AI karena pertimbangan akurasi dan limitasi.


Kelebihan dan Kekurangan ChatGPT

Kelebihan ChatGPT

Dari penjelasan sebelumnya, kamu mungkin sudah mengetahui bahwa platform yang satu ini memiliki kelebihan yang luar biasa, antara lain:


1. Menghemat waktu

ChatGPT mampu memberi jawaban dalam waktu yang sangat singkat. Saat menggunakan mesin pencari, kita harus berusaha sendiri untuk menemukan sumber informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Belum lagi diperlukan waktu yang cukup banyak untuk membaca informasi dalam bentuk teks panjang. Dengan platform ini, kita tak perlu lagi repot-repot melakukannya karena jawaban yang diberikan langsung berkaitan dengan inti topik.


2. Menyerupai hasil kerja manusia

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ChatGPT adalah platform yang mampu memberi respon yang sangat mirip dengan hasil kerja manusia. Tidak seperti platform AI pada umumnya yang terdengar seperti robot. Pengguna bahkan dapat menambahkan bumbu-bumbu humor dan ChatGPT ini tetap bisa menanggapinya dengan baik.


Kekurangan ChatGPT

Terlepas dari kelebihannya yang digadang-gadang melebihi kemampuan manusia, tetap saja terdapat beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa kekurangan yang mungkin ada pada ChatGPT.


1. Pemahaman yang terbatas

Dilansir dari Context, Large Language Model (LLM) memiliki banyak sekali keterbatasan, mulai dari keterbatasan pemahaman, cakupan, reliability, dan lain sebagainya.


Tak seperti manusia yang bisa berusaha meriset informasi valid dari berbagai sumber, ChatGPT hanya bisa memberi respon sesuai dengan apa yang diinput oleh pengguna.


Oleh karena itu, meski platform yang satu ini dapat menghasilkan teks untuk berbagai kebutuhan, pengawasan dan campur tangan dari manusia masih tetap dibutuhkan.


2. Jawaban yang diberikan tidak selalu benar dan akurat

Kekurangan selanjutnya dari ChatGPT adalah akurasi jawaban. Dilansir dari Search Engine Journal, tidak sedikit pengguna yang menemukan bahwa jawaban yang diberikan ChatGPT ternyata salah.


Pengguna perlu berhati-hati karena kesalahan tersebut sangat sulit diidentifikasi, mengingat platform ini selalu berusaha memberi jawaban yang ‘terdengar’ seperti informasi akurat. Itulah mengapa pengguna tetap perlu verifikasi ulang semua jawaban yang diberikan oleh ChatGPT.


3. Tidak bisa menggeser pekerja kreatif

Selain esai dan soal matematika, ChatGPT juga bisa mengikuti perintah untuk membuat konten atau copywriting sederhana. Akan tetapi, kita semua tahu bahwa konten dan copywriting itu lebih dari sekadar kumpulan-kumpulan teks belaka.


Tetap diperlukan kemampuan manusia untuk memberi variasi, menghindari duplikasi, dan menerapkan empati serta emosi agar teks yang dihasilkan bisa dipersonalisasikan sesuai target audiens.


ChatGPT memang bisa berfungsi sebagai tools tambahan ketika bekerja, tetapi kreativitas manusia dinilai belum bisa digantikan oleh AI. Pada dasarnya, ChatGPT adalah inovasi teknologi modern yang dapat membantu kehidupan manusia. Meskipun demikian, kita tetap perlu berhati-hati dalam menggunakannya. Selain ChatGPT, tentunya masih ada banyak teknologi lain yang dapat Anda manfaatkan sebagai tools di tempat kerja.


Cara Daftar dan Menggunakan ChatGPT

Berikut langkah-langkah cara daftar dan menggunakan ChatGPT sesuai dengan kebutuhan.


1. Pertama buka peramban pada desktop atau ponsel.


2. Ketik https://chat.openai.com pada address bar.

arsipbiru_chatgpt-1


3. Jika sudah mempunyai akun di OpenAI, silahkan klik Log in dan masukkan email dan password yang telah terdaftar. Jika belum, silahkan klik Sign up.

arsipbiru_chatgpt-2


4. Setelah itu akan muncul halaman Create your account. Silahkan masukkan alamat email Anda yang akan didaftarkan di OpenAI dan klik Continue. Anda juga dapat membuat akun dengan metode lainnya seperti masuk via Google dan Microsoft Account.
arsipbiru_chatgpt-3



5. Selanjutnya buatlah password dengan minimal 8 karakter dan klik Continue.
arsipbiru_chatgpt-4


6. Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut ini. Klik centang "Buktikan bahwa Anda manusia".
arsipbiru_chatgpt-5


7. Tahap selanjutnya, Anda akan disuruh untuk memverifikasi email seperti tampilan berikut.
arsipbiru_chatgpt-6


8. Silahkan buka inbox email Anda dan klik Verify email address.
arsipbiru_chatgpt-7


9. Kemudian akan muncul tampilan berikut. Silahkan masukkan nama depan dan belakang Anda. Lalu klik Continue.
arsipbiru_chatgpt-8


10. Lalu masukkan nomor handphone Anda untuk verifikasi. Jika Anda memiliki WhatsApp, silahkan klik Yes. Nanti akan muncul dua pilihan, yakni Send code via WhatsApp dan Send via SMS instead. Silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan. Disini saya menggunakan pilihan yang pertama.
arsipbiru_chatgpt-9


11. Kemudian buka inbox WhatsApp atau SMS (jika menggunakan pilihan kedua). Nanti Anda akan menerima 6 digit kode dari OpenAI. Masukkan kode tersebut pada kotak verifikasi dan secara otomatis Anda akan dibawa ke halaman depan dari ChatGPT.

12. Di halaman depan ChatGPT, akan ada semacam pop-up seperti berikut ini. Silahkan klik Next hingga muncul tombol Done.
arsipbiru_chatgpt-10


13. Silahkan masukkan perintah atau pertanyaan pada kotak chat yang tersedia. Misalnya, "buatlah artikel tentang akuntansi dalam bahasa indonesia". Lalu klik Enter atau ikon Pesawat Kertas. Nanti ChatGPT akan memproses perintah yang Anda berikan.
arsipbiru_chatgpt-11


Berikut contoh hasil dari ChatGPT. Meskipun terlihat sangat sistematis dan mudah dipahami, Anda perlu meninjau ulang agar hasil yang diberikan sesuai dengan yang diharapkan.
arsipbiru_chatgpt-12


Demikian tutorial terkait bagaimana cara daftar dan menggunakan ChatGPT. Jika ada sesuatu yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan jejak Anda di kolom komentar berikut ini. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details