Cara Mempercepat Artikel Terindeks oleh Mesin Pencari

arsipbiru_mempercepat-artikel-terindeks-oleh-mesin-pencari

Arsipbiru.com - Selamat datang kembali di Arsipbiru. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial terkait bagaimana cara mempercepat artikel terindeks oleh mesin pencari, baik Google, Bing bahkan Yandex.


Perlu diketahui bahwa artikel yang baru saja dipublikasikan belum tentu langsung terindeks oleh mesin pencari. Butuh beberapa waktu agar artikel tersebut dapat terindeks oleh mesin pencari, baik Google, Bing maupun Yandex. Namun, ada cara lain yang dapat dilakukan agar artikel tersebut dapat lebih cepat terindeks oleh mesin pencari. Salah satunya adalah melalui Webmaster Tools pada mesin pencari.


Nah, Anda sangat beruntung karena telah meluangkan waktu Anda untuk membaca artikel kali ini. Karena sesuai dengan judulnya, saya akan membagikan tutorial agar artikel yang baru saja dipublikasikan dapat lebih cepat terindeks oleh mesin pencari.


Sebelumnya, Anda harus mengecek terlebih dahulu artikel mana saja yang telah ada di indeks Google dengan cara menyalin URL dari artikel tersebut ke kolom pencarian Google. Jika Google tidak menampilkan hasil artikel tersebut, maka dapat dikatakan bahwa artikel tersebut belum sepenuhnya terindeks oleh Google.


Namun, Anda tidak usah khawatir. Anda cukup melakukan hal berikut ini agar artikel Anda dapat terindeks oleh mesin pencari. Simak langkah-langkahnya dengan baik berikut ini.


Cara Mempercepat Artikel Terindeks oleh Mesin Pencari

Perlu diketahui bahwa mesin pencari (search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan world wide web (www), file transfer protocol (ftp), publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer server dalam suatu jaringan. Terdapat banyak mesin pencari yang ada di internet. Salah satu di antaranya adalah mesin pencari terkemuka yang paling sering digunakan, Google. Selanjutnya dari perusahaan Microsoft, Bing. Kemudian, yang pernah menjadi pesaing kuat Google di masanya, Yahoo!. Baru-baru ini yang menjadi pesaing Google yang baru yang berasal dari Rusia, Yandex. Selain itu, ada pula DuckDuckGo, Baidu, Aol, Ask, dan lain sebagainya.


Banyaknya mesin pencari tentunya memiliki sistem tersendiri dalam mengindeks suatu artikel dalam sebuah website atau blog. Ada yang membutuhkan waktu beberapa hari untuk dapat terindeks dalam mesin pencari. Ada pula yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat terindeks di mesin pencari.


Namun, ada cara lain yang dapat mempercepat artikel tersebut dapat terindeks di mesin pencari, yaitu dengan mengoptimalkan fitur Webmaster Tools pada mesin pencari. Tentunya setiap mesin pencari memiliki Webmaster Tools yang berbeda-beda. Namun, sejauh ini yang paling banyak dibahas adalah Google Search Console, Bing Webmaster Tools dan Yandex Webmaster Tools.


Nah, berikut ini saya akan membagikan sedikit tutorial terkait bagaimana cara mempercepat artikel terindeks di mesin pencari Google dan Bing.


Google Search Console

1. Pertama, silahkan masuk ke akun Google Search Console.


2. Pada bilah kiri, pilih Inspeksi URL,


3. Selanjutnya akan muncul seperti kolom pencarian. Silahkan masukkan URL artikel yang baru saja dipublikasikan. Kemudian tekan Enter. Tunggu beberapa saat. Jika Google telah selesai mencari URL, maka akan muncul tanda centang hijau 'URL ada di Google' yang mana artikel tersebut telah berada di indeks Google. Namun, jika belum ada tanda centang tersebut atau muncul tanda 'URL tidak ada di Google', maka menandakan artikel tersebut belum sepenuhnya terindeks oleh Google.


4. Selanjutnya pilih UJI URL AKTIF. Nanti akan muncul tanda centang hijau 'URL tersedia untuk Google'.


5. Kemudian pilih Minta Pengindeksan.


6. Selesai. Silahkan tunggu kira-kira satu atau dua hari, maka artikel Anda sudah ada di indeks Google.


Bing Webmaster Tools

1. Pertama, masuk ke akun Bing Webmaster Tools.


2. Pada bilah kiri, pilih URL Inspection.


3. Nanti akan muncul seperti kolom pencarian. Silahkan masukkan URL artikel yang baru saja dipublikasikan. Tunggu hingga proses loading selesai. Untuk lebih yakin, silahkan pilih Live URL.


4. Kemudian, pilih Request Indexing.


5. Tunggu sampai muncul notifikasi jika pengindeksan berhasil.


Demikianlah tutorial singkat terkait bagaimana cara mempercepat artikel terindeks oleh mesin pencari. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar di bawah ini. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details