Cara Decrypt Berbagai Enkripsi JavaScript dengan DE4JS

arsipbiru_decrypt-berbagai-enkripsi-javascript-dengan-de4js

Arsipbiru.com - Di dunia blogging, Anda tentu mengenal yang namanya JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi paling populer yang digunakan untuk membuat situs dengan konten website yang dinamis. Jika diibaratkan dalam konteks website. HTML adalah kerangka dan CSS adalah pembungkusnya, maka JavaScript adalah sendinya yang membuat suatu website terasa lebih hidup.


Namun, tahukah Anda bahwa JavaScript memiliki berbagai enkripsi untuk mengaburkan kode-kode di dalamnya agar tidak mudah dibaca oleh manusia. Enkripsi atau encrypt merupakan suatu metode yang mengkonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data yang dikirim, diterima, atau disimpan. Pada dasarnya, sebuah algoritma digunakan untuk mengacak data, sebelum pihak penerima memulihkan kembali data yang diacak tersebut menggunakan kunci dekripsi atau decrypt.


Berbagai enkripsi JavaScript yang sering digunakan diantaranya adalah eval, array, packer, dan obfuscate encode. Enkripsi tersebut biasanya terdapat pada template blog. Pembuat template biasanya menggunakan enkripsi tersebut untuk melindungi karyanya. Sehingga membuat orang lain kesulitan untuk mengubah sebagian atau secara keseluruhan templatenya. Sebab bisa jadi terdapat beberapa fitur yang ikut dienkripsi si pembuat template, sehingga tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya jika enkripsi tersebut dihapus maupun diedit tanpa didekripsi atau decrypt terlebih dahulu.


Jika Anda berusaha untuk men-decrypt satu per satu, tentunya akan sangat menyebalkan. Terlebih lagi, jika Anda belum tahu tool yang digunakan untuk men-decryptnya. Untungnya, saya menemukan satu tool yang bisa otomatis menjalankan beberapa metode sekaligus dengan mendeteksi kode yang Anda masukkan. Tool tersebut adalah DE4JS.


DE4JS merupakan sebuah website yang memungkinkan dapat mendekripsi berbagai enkripsi JavaScript. Beberapa decrypt yang bisa digunakan oleh DE4JS, antara lain Eval, Array, _Number, JSFuck, JJencode, AAencode, URLencode, Packer, JS Obfuscator dan My Obfuscate.


Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan tutorial bagaimana cara decrypt berbagai enkripsi JavaScript dengan DE4JS. Berikut ini langkah-langkah dalam menggunakan tool DE4JS.


Cara Decrypt Berbagai Enkripsi JavaScript dengan DE4JS

1. Pertama, cari JavaScript yang sudah di-encrypt yang berada di dalam template blog Anda. Saya tidak bisa menjelaskan secara detail bagaimana ciri-cirinya, karena setiap hasil encrypt biasanya berbeda-beda. Tapi sebagian besar diawali oleh var unik. Misalnya berikut ini.


2. Salin semua kode yang terenkripsi. Sekali lagi saya tidak bisa menunjukkan letak kode dengan pasti. Anda setidaknya harus menemukannya sendiri.


3. Kemudian, buka https://lelinhtinh.github.io/de4js/.


4. Paste kode yang terenkripsi ke dalam box string.


5. Tunggu beberapa saat, lalu klik Auto Decode.


6. Tunggu proses decoding, sampai kode yang berhasil di decode akan muncul di box bawah.


7. Selanjutnya, merapikan kode yang telah di-decrypt. Cek kembali kode tersebut, mungkin saja ada bentrok antara petik satu (') dan petik dua (") di dalam kode. Kembali lagi ini menjadi kesulitan tersendiri karena sistem akan error jika kedua petik ini salah penempatannya. Misalnya seperti berikut ini.


var a = "<p class="satu dua">Paragraf</p>"; 


Di atas adalah contoh yang salah, dan akan menyebabkan error. Seharusnya seperti berikut ini.


var a = "<p class='satu dua'>Paragraf</p>"; 


8. Setelah kode berhasil di-decrypt, tinggal ganti kode yang berada di dalam template. Sebaiknya Anda backup terlebih dahulu template Anda sebelum menggantinya dengan kode hasil decrypt. Untuk jaga-jaga jika template Anda error nantinya.


Demikianlah tutorial singkat terkait bagaimana cara decrypt berbagai enkripsi JavaScript dengan DE4JS. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar yang sopan di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details