Cara Memasang Widget follow.it Sebagai Alternatif FeedBurner

arsipbiru_widget-follow-it-sebagai-alternatif-feedburner

Arsipbiru.com - Seperti yang kita ketahui bahwa pada bulan Juli 2021, pihak Google FeedBurner telah menghentikan layanan Ikuti Lewat Email (Follow by Email). Berikut notifikasi dari Google FeedBurner yang dilayangkan kepada para blogger di Blogger. 


Widget Ikuti Lewat Email (FeedBurner) akan dinonaktifkan

Anda menerima informasi ini karena blog Anda menggunakan widget Ikuti Lewat Email (FeedBurner).

Baru-baru ini, tim FeedBurner merilis pengumuman update sistem, yang menyatakan layanan langganan email akan dihentikan pada Juli 2021.

Setelah Juli 2021, feed akan tetap berfungsi, tetapi email otomatis ke pelanggan Anda tidak akan didukung lagi. Jika ingin terus mengirim email, download kontak pelanggan Anda. Pelajari caranya.


Sementara di halaman Feedburner juga terdapat notifikasi yang serupa. Berikut notifikasinya.



Lantas bagaimana cara membuat widget Follow by Email, jika FeedBurner sudah menutup layanannya? Padahal widget Kotak Berlangganan via Email merupakan bagian penting dalam Search Engine Optimization (SEO). Pengunjung yang sudah berlangganan akan menerima notifikasi postingan terbaru dari blog kita di inbox email mereka. Sehingga subscriber merupakan bagian penting penentu peringkat suatu blog atau website.


Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada alternatif sebagai pengganti FeedBurner. Alternatif tersebut adalah follow.it. Cara kerja follow.it sama halnya dengan FeedBurner. Hanya saja tampilannya yang sedikit berbeda. Dalam hal pemasangan pun follow.it sangat mudah dan tidak memerlukan banyak waktu atau keahlian khusus. Setelah adanya pengumuman penutupan layanan dari FeedBurner, follow.it mulai kebanjiran pengguna dari FeedBurner. Sehingga sampai dengan saat ini, sudah lebih dari 123 ribu website yang telah terdaftar dalam layanan follow.it.


Apa itu follow.it?

follow.it merupakan salah satu situs yang menyediakan layanan mirip dengan FeedBurner. Hanya saja sedikit berbeda. follow.it menyediakan beberapa layanan, antara lain Follow via Social Media, Follow via Newsletter, Follow via RSS, bahkan Follow via FeedBurner. Dengan kata lain, follow.it merupakan alternatif FeedBurner setelah Follow by Email di Google FeedBurner ditutup. Dengan adanya follow.it, Anda akan tetap terhubung dengan pembaca setia melalui notifikasi email.


Sama halnya dengan Follow By Email di FeedBurner, follow.it juga menyediakan fitur Follow by Email untuk berlangganan terhadap konten atau artikel yang kita buat melalui email.


follow.it merupakan alternatif FeedBurner yang dapat dimanfaatkan secara gratis. Namun, jika Anda ingin mendapatkan fitur yang lengkap, follow.it juga menyediakan fitur premium. follow.it sangat mudah digunakan sesuai dengan tagline mereka, "Feedburner Alternative - Get more reader".


Proses instalasinya pun tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu terlalu lama. Adapun tahapan-tahapan yang diperlukan antara lain mendaftarkan blog, pemasangan kode, dan desain widget. Dalam hal desain, desainnya pun tidak jauh berbeda dengan Follow by Email milik FeedBurner, bahkan lebih bagus dan bisa dikustomisasi.


Sementara fitur premium seperti direktori follow.it merupakan salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Fitur ini akan meningkatkan visibilitas blog karena akan tercantum ke dalam direktori mereka.


Selain itu, Anda juga dapat memindahkan daftar pengikut dari FeedBurner ke akun follow.it, yaitu dengan menggunakan fitur import email.


Cara Memasang Widget follow.it Sebagai Alternatif FeedBurner

Sebelum memasang widget follow.it di Blogger, alangkah baiknya Anda membuat akun follow.it terlebih dahulu. Jika Anda sudah memiliki akun follow.it, silahkan lanjutkan tahapan-tahapannya berikut ini.


1. Buka situs follow.it


2. Selanjutnya, masukkan email atau username dan password dan klik login. Atau bisa juga login secara otomatis dengan menggunakan akun Facebook, Gmail, atau Twitter.


3. Setelah berhasil masuk, kita akan diarahkan ke Dashboard follow.it. Di sidebar sebelah kiri, klik menu Publishing dan pilih Add Feed. 


4. Masukkan alamat blog atau website Anda di kolom yang tersedia dan klik Next.


5. Nanti akan muncul jendela pop-up yang akan menampilkan feed blog atau website Anda. Lalu, klik Continue.


6. Di tahap ini, kita bisa menggunakan desain yang telah disediakan oleh follow.it. atau Anda juga bisa menyesuaikan desainnya sesuai dengan keinginan Anda dengan klik Already have a form? dan copy kode HTML yang ada di form yang telah Anda buat sebelumnya.


7. Kemudian klik Continue. Nanti muncul kode yang harus di-copy. Simpan di Notepad untuk jaga-jaga.


8. Selanjutnya untuk memasang widget follow.it, silahkan masuk terlebih dahulu ke akun Blogger masing-masing.


9. Lalu, klik Tata Letak > klik Tambahkan Gadget (silahkan tempatkan widget follow.it di footer atau sidebar blog) > pilih HTML/JavaScript. Lalu, masukkan kode yang sudah disalin tadi ke kotak HTML/JavaScript.


10. Kemudian menempatkan ikon dan link Follow di blog. Selain form subscribe via email, follow.it juga memberi fitur ikon dan link Follow yang dapat ditempatkan di mana saja di dalam artikel, footer atau sidebar blog. Ini hanya bersifat opsional, bisa langsung dilewati saja.


11. Kemudian tahap verifikasi, hubungkan blog atau website ke akun follow.it. Caranya cek email dan salin kode <meta> tag yang ada dalam isi email dari follow.it.


12. Selanjutnya, masukkan kode tersebut di template blog. Caranya, masuk ke Blogger > klik Tema > Edit HTML. Letakkan kode <meta> tag tersebut di bawah kode <head> dan simpan Tema.


13. Setelah itu, lihat lagi email tempat kode <meta> tag berada, dan klik link Click here seperti pada gambar berikut ini.


14. Selamat!! Widget Follow by Email alternatif FeedBurner sudah selesai terpasang. Silahkan coba dengan memasukan email sendiri.


15. Selanjutnya cek email Anda dan klik link konfirmasi. Lalu, lanjutkan dengan cek akun di follow.it. Email yang Anda masukkan akan muncul di daftar pengikut follow.it. Hal tersebut berarti widget follow.it telah berfungsi dengan baik.


Berikut ini contoh tampilan Feed follow.it.


Berikut ini contoh isi email newsletter dari Feed follow.it.



Demikianlah tutorial bagaimana cara memasang widget follow.it sebagai alternatif FeedBurner. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar yang sopan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details