Cara Setting Custom Domain TLD di Blogger

arsipbiru_setting-custom-domain-tld-di-blogger

 

Arsipbiru.com - Memiliki domain TLD, seperti .COM, .NET, .INFO, .ORG, .ID, dan masih banyak lagi merupakan idaman bagi seorang blogger. Sebab memiliki domain TLD tersebut, blog kita akan terkesan sangat profesional. Ibarat blog adalah rumah, maka domain adalah alamat rumah tersebut. Rumah yang berada di alamat kompleks perumahan elit, akan terkesan elit pula. Begitu halnya dengan blog atau website. Semakin tinggi domain yang digunakan maka semakin profesional blog atau website tersebut.

Lantas bagaimana cara mendapatkan domain TLD tersebut? Ada dua cara untuk mendapatkan domain TLD, yaitu gratis dan berbayar. Untuk yang gratis, Anda dapat mendaftarkannya di situs-situs yang menyediakan domain TLD gratis seperti .TK, .GA, .ML, .CO.VU, .CO.CC, dan lainnya. Sedangkan untuk yang berbayar, Anda harus mengeluarkan sedikit dana yang cukup dan mendaftarkannya di situs registrar untuk mendapatkan domain TLD, seperti .COM, .NET, .INFO, .ORG, .ID, dan masih banyak lagi.

Terdapat banyak sekali situs pengelola domain (registrar) yang menyediakan domain TLD dengan harga yang bervariasi. Jika Anda ingin mendapatkan domain TLD dengan harga murah, Anda dapat mendaftarkannya di Exabytes. Harga domain di Exabytes tergolong sangat murah dibandingkan dengan registrar lainnya. Mulai dari 10 ribuan hingga 300 ribuan dan perpanjangan domainnya juga tergolong murah. Selain itu, bagi yang baru daftar akan mendapatkan saldo sebesar Rp 50.000 yang dapat digunakan kapanpun. Tertarik untuk mendapatkan domain murah di Exabytes? Klik saja link berikut ini untuk mendapatkan domain murahnya dan dapatkan saldo sebesar Rp 50.000. Daftar Domain Murah Exabytes.

 

Cara Setting Custom Domain TLD di Blogger

Setelah mendaftarkan domain di pengelola domain (registrar), selanjutnya Anda harus melakukan setting di Blogger. Hal ini bertujuan agar domain yang sudah kita daftarkan dapat terhubung dengan Blogger. Berikut langkah-langkah untuk menghubungkan domain TLD di Blogger.
1. Silahkan login ke Client Area masing-masing registrar tempat Anda mendaftarkan domain TLD. Disini kebetulan saya menggunakan jasa registrar Exabytes untuk mendaftarkan domain TLD. Seharusnya di setiap registrar memiliki langkah yang sama untuk menghubungkan domain TLD ke Blogger. Yang membedakan hanya letak menu pengaturannya.

2. Jika sudah berhasil login, klik Manage DNS atau Pengaturan DNS.

3. Lalu klik Add New Zone.

4. Masukkan domain Anda dan biarkan IP-nya default. Lalu klik Add Zone.

5. Klik Edit Zone atau gambar pensil untuk memulai pengeditan.

6. Hapus record dengan kriteria berikut ini.
Name-nya adalah domain Anda, Type-nya adalah "A", dan RDATA-nya adalah angka (IP Address default).
Name-nya yang mengandung "www" dan Type-nya adalah "CNAME".
7. Login ke Blogger untuk mendapatkan 2 CNAME tambahan. Caranya klik Setting (Setelan). Selanjutnya Anda cari di bagian Publishing (Mempublikasikan). Lalu pilih Domain Custom. Masukkan domain yang Anda dapatkan dengan menambahkan "www" di depannya. Misal, "www.arsipbiru.com". Lalu klik Save. Nanti muncul dua buah CNAME yang harus direcord di pengaturan DNS. CNAME pertama berisi Name dan Host default, yaitu "www" dan "ghs.google.com". Sedangkan CNAME kedua berisi kode unik yang setiap domain berbeda-beda.

8. Kembali ke Client Area Anda. Lalu masukkan 2 CNAME tersebut ke record yang ada di DNS Manager satu per satu dengan cara klik Add Record.

9. Tambahkan record pertama.
Name/Label: www
Type: CNAME
TTL: 14400
RDATA/Host/IP: ghs.google.com
10. Tambahkan record kedua.
Name/Label: Masukkan kode unik domain Anda
Type: CNAME
TTL: 14400
RDATA/Host/IP : Masukkan Host unik domain Anda
11. Selain itu, Anda juga harus menambahkan 4 record di bawah ini.
Name/Label: @
Type: A
TTL: 14400
RDATA/Host/IP: 216.239.32.21
Name/Label: @
Type: A
TTL: 14400
RDATA/Host/IP: 216.239.34.21
Name/Label: @
Type: A
TTL: 14400
RDATA/Host/IP: 216.239.36.21
Name/Label: @
Type: A
TTL: 14400
RDATA/Host/IP: 216.239.38.21
11. Jika 6 buah record sudah Anda tambahkan di DNS Manager, maka Anda tinggal klik Save Changes.

12. Selanjutnya Anda setting juga nameserver-nya dengan cara klik Domains > My Domains. Klik Manage Domain (Kelola Domain) atau gambar kunci.

13. Lalu klik Nameservers.

14. Setelah itu, cek pada opsi Use custom nameservers dan masukkan nameserver-nya. Oh, ya. Sebagai informasi, tiap registrar memiliki nameserver yang berbeda-beda satu sama lainnya. Anda bisa tanyakan ke pihak pengelola domain (registrar) masing-masing. Nah, jika Anda menggunakan jasa dari Exabytes, Anda tinggal masukkan dua buah nameserver di bawah ini.
ns1.idcloudhosting.com
ns2.idcloudhosting.com
15. Langkah terakhir, login ke Blogger kembali. Pilih Setting (Setelan). Lalu pada bagian Publishing (Mempublikasikan), Anda masukkan kembali domain Anda. lalu klik Save (Simpan). Jika Anda menginginkan domain Anda berawalan "www" ketika ditelusuri, maka nyalakan atau centang "Redirect.." atau Alihkan Domain.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details