Cara Mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blogger

arsipbiru_https

 

Arsipbiru.com - Penggunaan sertifikat SSL (HTTPS) saat ini semakin diperlukan oleh setiap website, baik itu self-hosted maupun yang di-hosting di Blogger. Hal ini dikarenakan pihak Google telah mewajibkan setiap website untuk meningkatkan keamanan dengan SSL agar mereka dapat memberikan penilaian dan peringkat yang lebih baik.

 

Pengertian Secure Sockets Layer (SSL)

Secure Sockets Layer atau SSL adalah lapisan keamanan di website yang menjaga agar tidak ada kebocoran data saat terjadi transaksi data di website. SSL dibuat dalam bentuk “sertifikat” dan bekerja dengan cara memindai (scanning) berbagai data di website serta mengenkripsi transaksi data.

Artinya, ketika seorang pengunjung memasuki website Anda, koneksi mereka terenkripsi, baik dari penerima data (receiver) maupun dari pengirim data (server), sehingga tidak ada pihak ketiga yang dapat menginterupsi, bahkan mencuri data yang dikirim dan diterima. Umumnya, website yang bersertifikat SSL diawali dengan “HTTPS”, yang mana huruf “S” dibelakangnya berarti “Secure” atau aman.

Sekitar September 2015, Google akhirnya mendukung dan menerapkan persyaratan Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) yang lebih aman dengan menggunakan sertifikat SSL, baik di semua blog dengan subdomain “.blogspot.com” maupun dengan custom domain sendiri.

Sebagai penyedia layanan blogging dibawah naungan Google, Blogger berhasil menjadi salah satu platform blogging paling populer selain WordPress. Bagaimana tidak, Anda hanya membutuhkan subdomain “.blogspot.com” atau custom domain saja. Selebihnya untuk urusan bandwidth hingga disk usage, semua telah disediakan oleh Google tanpa dikenakan biaya tambahan.

 

Cara Mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blogger

Sebelum menjalankan cara mengaktifkan HTTPS, Anda wajib memiliki custom domain di Blogger dan sudah mengarahkan (pointing domain) atau menggunakan Blogger terlebih dulu. Kemudian, simak langkah-langkah berikut ini untuk mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blogger.

  1. Silahkan Login terlebih dahulu di Blogger dengan menggunakan akun Gmail Anda masing-masing.
  2. Klik Setelan pada menu. Lalu gulir ke bawah hingga ke bagian HTTPS.
  3. Nyalakan Ketersediaan HTTPS. Jika statusnya "Tidak Tersedia". Maka Anda tidak bisa mengaktifkan SSL (HTTPS). Namun, jika statusnya "Tersedia", maka Anda dapat mengaktifkan SSL (HTTPS) untuk website Anda. Tidak lupa, pastikan juga Pengalihan HTTPS dinyalakan agar konten Anda yang URL-nya masih menggunakan HTTP, Blogger akan secara otomatis me-replace URL dengan menggunakan HTTPS.
  4. Lalu coba buka website Anda di tab baru. Jika sudah muncul tulisan HTTPS beserta icon perisai dan gembok di awal URL blog atau website Anda, maka selamat Anda telah berhasil mengaktifkan HTTPS pada blog atau website Anda.
  5. Selesai.

 

Cara Alternatif Mengaktifkan HTTPS Custom Domain di Blogger

Jika cara di atas tidak berhasil, Anda dapat menggunakan cara berikut ini.

  1. Login ke Blogger seperti biasanya dengan menggunakan akun Gmail masing-masing.
  2. Klik Setelan pada menu.
  3. Sebelum mengaktifkan HTTPS, Anda ubah terlebih dahulu URL pada address bar yang mengandung "www", seperti "https://www.blogger.com/u/2/blog/settings/....." menjadi "https://draft.blogger.com/u/2/blog/settings/.....". Lalu tekan Enter.
  4. Selanjutnya Anda nyalakan Ketersediaan HTTPS. Jika statusnya masih mencari, Anda tunggu beberapa menit. Lalu refresh kembali halaman tersebut dan pastikan statusnya berubah menjadi tersedia. Jika belum, Anda refresh lagi hingga statusnya berubah menjadi tersedia.
  5. Jika statusnya sudah tersedia, maka Anda dapat mengaktifkan juga Pengalihan HTTPS untuk mengalihkan konten Anda yang masih menggunakan HTTP ke HTTPS secara otomatis.
  6. Selanjutnya Anda coba buka blog atau website Anda di tab baru. Jika tulisan HTTPS beserta icon perisai dan gembok sudah muncul, maka selamat Anda berhasil mengaktifkan HTTPS.
  7. Selesai.

Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details