Cara Daftar Google AdSense bagi Pemula

arsipbiru_cara-daftar-google-adsense-bagi-pemula

 

Arsipbiru.com - Bagi Anda yang terjun di dunia blogger atau content creator YouTube, tentunya tidak asing lagi dengan Google AdSense. Google AdSense sering menjadi salah satu sumber penghasilan. Sebab iklan yang ditampilkan lebih menarik dan menyesuaikan isi konten yang dibuat. Sehingga banyak dari mereka berlomba-lomba ingin menjadi partner Google dengan membuat konten yang unik dan berkualitas.

Mengetahui cara daftar Google AdSense menjadi hal yang sangat penting jika Anda ingin mendapatkan penghasilan dari internet. Cara daftarnya sangat mudah. Bahkan bagi pemula pun dapat melakukannya.

Sebelum menuju ke inti pembahasan, alangkah baiknya jika kita mengetahui apa itu Google AdSense. Yuk, simak baik-baik ya penjelasan berikut ini.


Apa itu Google AdSense?

Google AdSense merupakan program periklanan dari Google yang memperbolehkan pengguna untuk menjadi partnernya. Seluruh pengguna dapat mengikuti layanan ini dengan syarat mempunyai blog atau website atau channel Youtube.

Pengguna tersebut yang mengikuti program Google AdSense akan mendapatkan imbalan dari Google ketika iklannya diklik oleh pengunjung. Karaktersitik website yang mengikuti program ini ditandai dengan adanya iklan pada bagian sidebars atau tengah-tengah artikel (tergantung bagaimana pemilik mengaturnya).

Hampir kebanyakan pemilik website melakukan monetisasi menggunakan Google AdSense. Penggunaan layanan ini cukup mudah. AdSense juga menawarkan komisi lebih besar dibandingkan dengan layanan serupa. Tentu saja kesempatan ini tidak mau dilewatkan oleh para pemilik website. Mereka pun ramai-ramai memasang AdSense di dalam website-nya masing-masing.


Keuntungan Menggunakan Google AdSense

Sebelum Anda mencoba Google AdSense, akan lebih baik jika mengetahui beberapa keuntungannya. Berikut keuntungan jika kita mengikuti program tersebut.

1. Penghasilan Tambahan

Keuntungan utama menggunakan Google AdSense adalah imbalan yang ditawarkan. Tambahan iklan AdSense yang terpasang di website Anda akan membuat website lebih menghasilkan.

Penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari AdSense tergantung beberapa faktor, antara lain tingkat popularitas website dan juga besarnya nilai iklan yang ditawarkan oleh pengiklan. Semakin kompetitif kata kunci yang ditargetkan, biasanya semakin besar pula nilai di setiap klik iklan.

Google melakukan pembayaran di setiap bulannya. Pencairan dapat dilakukan dengan syarat sudah memenuhi penghasilan sebesar $100 atau setara dengan 1,4 juta (kurs Rp 14.357,40).


2. Iklan Sesuai dengan Konten Website

Konten merupakan bagian yang cukup penting untuk menarik perhatian pengunjung sehingga perlu penataan yang baik. Ketika Anda menggunakan layanan seperti Google AdSense dan layanan sejenis, tentu saja akan mengurangi ruang di konten. Tentu saja hal ini membuat pengunjung terkadang tidak menyukainya.

Keuntungan mengikuti program Google AdSense selanjutnya adalah iklan yang muncul disesuaikan dengan isi konten website Anda. Jadi iklan tidak terlalu mengganggu. Bayangkan saja jika konten iklan konteksnya jauh berbeda dengan isi website. Misal, website Anda membahas tentang komputer tetapi iklan yang ditampilkan justru berhubungan dengan tumbuhan atau hewan. Tentu saja hal ini cukup mengganggu.

 

3. Bentuk Iklan Dapat Disesuaikan

Tampilan dan keunikan website atau blog tentu sangat penting untuk pengunjung, khususnya kemudahan dalam navigasi. Iklan Google AdSense memiliki ukuran konten yang beragam yang dapat ditampilkan di dalam website.

Anda hanya perlu menyesuaikan iklan tersebut dengan mengatur ukuran, bentuk, dan latar belakang maupun border iklan. Bahkan jika Anda memiliki skill webmaster tentu saja mampu memanfaatkan Google AdSense sebagai 'pelengkap' desain.

 

4. Tersedia Banyak Referensi

AdSense merupakan program periklanan yang sangat populer. Bisa jadi, kepopulerannya berkat dokumentasi yang cukup lengkap. Tidak hanya itu, banyak sekali referensi dan berbagai tips dan trik terkait dengan AdSense yang tersebar di internet.

Dokumentasi yang lengkap tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang mencoba menggunakan layanan AdSense. Jika terjadi masalah tinggal melakukan pencarian menggunakan Google Search. Di sana tersedia banyak sekali referensi yang bisa Anda baca terkait dengan AdSense.

 

5. Menyediakan Statistik Lengkap

Google AdSense menyediakan statistik dan analisis lengkap pengunjung dan penghasilan website. Semua fitur tersebut dapat Anda temukan di dalam akun dashboard. Bahkan Anda bisa melihat jumlah klik, penghasilan setiap klik dan total penghasilan, popularitas website, dan popularitas dari halaman web berdasarkan iklan yang tampil.

Selain fitur statistik, fitur menarik lainnya dari Google AdSense adalah adanya fitur keamanan yang bisa digunakan untuk memblokir iklan yang tidak diinginkan.

Sudah tertarik untuk memasang Google AdSense? Tenang, Anda hanya perlu beberapa langkah saja. Namun perlu bersabar karena ada proses di mana Anda harus menunggu waktu beberapa hari untuk proses verifikasi.

 

6. Mudah Menambahkan Banyak Blog

Anda bisa menggunakannya di banyak website. Hal yang Anda perlukan adalah Anda harus memastikan bahwa blog Anda sesuai dengan peraturan dan kebijakan AdSense. Ini jauh lebih baik daripada layanan iklan lainnya dimana Anda harus menambahkan semua website Anda secara manual.

 

7. Layanan Bantuan dan Dukungan yang Kooperatif

Bisa dikatakan bahwa jika Anda menggunakan AdSense, artinya Anda bekerja sama dengan salah satu perusahaan paling top – Google. Mulai menggunakan AdSense sangat mudah, bahkan untuk pemula. Ada banyak sekali video dan tutorial tertulis, bahkan website yang bisa membantu Anda menjadi pro dalam bidang ini.

 

8. Pembayaran yang Tepat Waktu

Ketika Anda mengaktifkan program periklanan AdSense di website Anda, Anda tidak perlu khawatir soal pembayaran. Banyak perusahaan CPC yang tidak jujur dan tidak transparan dalam hal pembayaran, namun hal ini tidak akan Anda temukan di AdSense. Percayalah.

 

9. Format Iklan yang Fleksibel

Google AdSense memberikan Anda kebebasan untuk menampilkan berbagai jenis iklan di website Anda, tergantung dari ketersediaan lokasi dan layout dari website Anda. Kemudian, Anda bahkan tidak perlu membuat iklan untuk website anda – semua ini sudah diatur oleh sistem Google. Yang perlu Anda lakukan hanyalah meletakkan kode JavaScript di lokasi iklan yang ingin Anda pasang.

 

Cara Daftar Google AdSense

Cara daftar Google AdSense tidak sulit. Anda hanya perlu menyiapkan email dan website aktif. Adapun langkah-langkah untuk mendaftar program ini sebagai berikut.
  1. Buka browser kemudian kunjungi https://www.google.com/adsense/start/.
  2. Kemudian klik tombol “Mulai”.
  3. Selanjutnya Anda login terlebih dahulu menggunakan akun Gmail Anda.
  4. Setelah itu, masukan link situs Anda. Pastikan Anda menuliskan link tanpa path. Misalnya, arsipbiru.com.
  5. Kemudian ceklis kolom "Ya" atau "Tidak". Jika klik "Ya", maka Anda akan mendapatkan info AdSense melalui email. Begitu juga sebaliknya.
  6. Kemudian pilih negara. Misal, Indonesia.
  7. Lalu baca dan setujui informasi "Persyaratan dan Ketentuan Adsense".
  8. Terakhir klik "Buat Akun".

Cara Aktivasi Google AdSense

Setelah mengetahui cara daftar AdSense, kini Anda harus mengaktifkan layanan Google AdSene tersebut. Untuk mengaktifkan AdSense, ada tiga langkah untuk mengaktifkan layanan ini.

1. Melengkapi Profil Pembayaran

Masuk ke dashboard akun AdSense yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian isi informasi yang dibutuhkan dengan benar. Jika terdapat kesalahan, maka Anda tidak akan pernah mendapatkan pembayaran dari iklan AdSense. Jika semua telah terisi dengan benar, selanjutnya klik Kirim.

 

2. Mengatur Iklan AdSense

Selanjutnya Anda melakukan pengaturan terhadap iklan AdSense. Hal ini bertujuan agar ketika akun AdSense Anda telah disetujui oleh Google, iklan akan muncul secara otomatis di website Anda.

Agar iklan muncul secara otomatis di website Anda, Anda tinggal nyalakan Auto ads di pengaturan iklan. Di sini Anda juga bisa mengatur iklan yang lainnya, termasuk posisi dan bentuk iklannya. Jika semua sudah diatur, klik Apply to site.

 

3. Menghubungkan Website ke AdSense

Tahapan selanjutnya adalah menghubungkan website Anda dengan AdSense. Berikut langkah-langkahnya.

  • Copy kode yang ada di halaman AdSense tersebut.
  • Kemudian paste kode tersebut di antara tag <head> dan </head>.
  • Lalu klik Request review.
Jika Anda menggunakan platform Blogger, tentunya akan lebih mudah. Sebab Anda hanya tinggal masuk ke Blogger dan pilih menu Tema -> Edit HTML, dan paste-kan kode tersebut di atas di antara tag <head> dan </head>.

Namun, bagaimana dengan pengguna platform WordPress? Bagi pengguna WordPress tidak perlu khawatir. Sebab Google memiliki plugin Site Kit yang dapat membantu untuk menghubungkan situs WordPress Anda ke akun AdSense dan menempatkan kode AdSense pada semua halaman. Jadi, Anda dapat menampilkan iklan secara otomatis di seluruh website Anda.

Di tahapan ini, Anda harus bersabar. Sebab butuh beberapa hari agar website Anda disetujui oleh Google. Paling cepat sekitar tiga hari dan di beberapa kasus butuh waktu lebih lama agar website Anda disetujui oleh Google.

 

Tips Termudah agar Diterima Google AdSense

Ada beberapa tips termudah bagi pemula agar website diterima oleh Google AdSense, yaitu:

1. Memastikan Navigasi Mudah dan Jelas

Navigasi merupakan bagian yang penting di dalam website. Navigasi sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Semakin mudah dan jelas navigasi suatu website, maka semakin baik pula pengalaman pengguna yang diberikan. Navigasi juga bisa menjadi faktor efektivitas pengguna ketika berinteraksi dengan website Anda.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda pertimbangkan berkaitan dengan navigasi, yaitu keterbacaan, penataan, dan fungsi. Contoh penataan navigasi yang baik, seperti ini 'Beranda » Tujuan » Galery » Ulasan » Tentang Kami'.

Namun Anda juga bisa menentukan navigasi dengan bebas asalkan pengunjung bisa dengan mudah dan cepat memahami dan berinteraksi dengan isi website. Anda bisa meminta feedback kepada teman atau pengunjung melalui sebuah form jika memungkinkan.

 

2. Membuat Konten Menarik dan Unik

Konten merupakan sesuatu yang penting karena dapat mendatangkan pengunjung. Sebagus apa pun tampilan website, jika tidak punya konten yang unik dan menarik, sulit untuk mendatangkan trafik.

Anda bisa mendatangkan pengunjung setia menggunakan konten yang original dan berkualitas. Jika pengunjung sudah menyukai konten yang sudah Anda buat, umumnya mereka akan menceritakan atau menyarankan website Anda ketika orang lain sedang mencari informasi terkait dengan website. Tentu saja ini akan membantu untuk terus mengembangkan konten dan website Anda.

Anda perlu berhati-hati ketika menggunakan referensi dari media lain. Baik artikel maupun video. Bisa jadi website Anda terdeteksi sebagai website plagiat atau bahkan spam.

Akan lebih baik jika Anda membuat konten yang original. Google akan lebih menyukai konten seperti itu karena sesuai dengan kebijakan mereka, yaitu memblokir website yang mengandung konten tiruan atau pelanggaran hak cipta.

 

3. Menggunakan Layanan Google AdSense Saja

Ada beberapa layanan iklan selain Google AdSense. Namun, akan lebih baik jika tidak menggunakan yang lainnya sebelum AdSense menyetujui permintaan pengaktifan akun Anda.

Ibaratnya jika Anda ingin menitipkan iklan di sebuah billboard, pasti tidak mau 'kan orang lain juga menggunakan billboard tersebut untuk menayangkan iklan yang sama. Begitu pula dengan Google. Website Anda akan lebih dipercaya jika hanya menggunakan layanan periklanan dari mereka saja.

 

4. Telah Memiliki Sekitar 10-15 Artikel Aktif

Salah satu hal penting lain yaitu adanya artikel atau konten aktif di blog. Paling tidak berjumlah sekitar 10-15 artikel. Bagaimana Anda mengenali sebuah website jika tidak ada artikelnya? Tentu akan sulit.

Artikel-artikel yang Anda tambahkan di website akan menjadi pengenal Google untuk menggolongkan jenis konten yang cocok untuk website. Selain itu, artikel yang berkualitas tentunya akan menjadi indikator positif untuk Google menilai website Anda.

 

5. Memastikan Ada 100 Pengunjung Setiap Hari

Dari beberapa referensi lain, setidaknya Anda sudah harus mempunyai setidaknya 100 pengunjung aktif setiap hari. Namun, angka tersebut masih tentatif. Meskipun Anda hanya mempunyai kurang dari 100 pengunjung aktif setiap hari, bisa jadi, Google menyetujui permintaan pengaktifan akun AdSense yang Anda ajukan.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat Google AdSense. Cukup sederhana, tapi Anda perlu bersabar karena harus menunggu proses verifikasi beberapa hari. Anda pun terkadang perlu beberapa kali pengajuan sebelum mendapatkan akun AdSense yang aktif.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details