Cara Mendapatkan Domain .eu.org Gratis

arsipbiru_domain-eu-org-gratis

Arsipbiru.com - Dalam dunia internet, domain merupakan hal yang penting. Domain sendiri diibaratkan sebagai rumah dari suatu situs atau blog. Tanpa adanya domain, situs atau blog tidak bisa menampilkan isi kontennya. Untuk memiliki sebuah domain dapat dilakukan dengan membelinya di situs registrar domain. Namun, ada pula domain yang didapatkan secara gratis, salah satunya .eu.org.


Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai cara mendapatkan domain .eu.org. secara gratis. Perlu Anda ketahui bahwa ekstensi domain .eu.org merupakan ekstensi domain yang digratiskan sejak tahun 1996, artinya domain .eu.org dapat digunakan secara gratis dan berumur lama sama halnya dengan domain .co.vu.


Apa itu Domain .eu.org?

Domain .eu.org adalah salah satu ekstensi domain gratis yang telah berlaku sejak tahun 1996. Domain ini sering diburu oleh para blogger. Meskipun diperoleh secara gratis, domain .eu.org memiliki banyak keunggulan yang bisa kamu dapatkan apabila menggunakannya. Hanya saja domain .eu.org cukup sulit untuk didapatkan. Hal tersebut agar menghindari penyalahgunaan domain oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Domain .eu.org merupakan domain gratis yang berasal dari Eropa. Domerumur panjang sama halnya dengan domain .co.vu, dan domain-domain gratis lainnya. Adapun tujuan utama dari domain .eu.org adalah menyediakan pendaftaran subdomain gratis kepada pengguna atau organisasi nirlaba yang tidak mampu membayar biaya yang diminta oleh beberapa NIC.


Keunggulan Domain .eu.org

Adapun keunggulan dari domain .eu.org adalah sebagai berikut.


Dapat Dipasang di Cloudflare

Sebenarnya domain .eu.org adalah domain TLD, namun karena domain tersebut terdiri dari dua kata yang seolah-olah seperti subdomain. Banyak yang mengatakan bahwa domain .eu.org adalah subdomain. Di Cloudflare, berbagai domain dapat dipasang, baik domain TLD maupun subdomain.


Dapat Digunakan untuk Mendaftar Google AdSense

Jika blog Anda memiliki ekstensi domain .eu.org dan ingin dimonetisasi, maka Anda bisa mencoba mendaftarkannya ke Google AdSense. Perlu diketahui bahwa domain .eu.org sebenarnya ditujukan untuk organisasi non profit, namun entah mengapa banyak pengguna domain .eu.org yang mendapatkan kelonggaran.


Masa Pakai Lama

Selama tidak digunakan untuk hal-hal yang terlarang atau hal yang menyimpang dari kebijakan yang telah ditentukan, domain .eu.org dapat bertahan lama.


Cara Mendapatkan Domain .eu.org Gratis

Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran domain .eu.org, antara lain:


1. Penggunaan VPN selama proses pendaftaran, seperti Winscribe (ekstensi Chrome).

2. Email aktif dari Gmail.

3. DNS gratis dari Hostry.

4. Fakenamegenerator untuk mendapatkan data diri.


Jika semua di atas sudah Anda persiapkan, maka langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Dapatkan data diri terbaru di fakenamegenerator

Alasan menggunakan identitas atau data diri dari fakenamegenerator adalah tidak lain untuk mempercepat proses approve-nya. Sebenarnya bisa saja langsung menggunakan data pribadi tanpa harus menggunakan data diri dari fakenamegenerator, namun hal itu kemungkinan approve-nya kecil.


Untuk mendapatkan data diri sebagai orang Eropa, Anda bisa menggunakan fakenamegenerator. Pilih salah satu negara di Eropa, kemudian klik generate. Gunakan data tersebut untuk proses pendaftaran di Hostry dan domain .eu.org.


Namun, pada tutorial kali ini, saya mau mencoba menggunakan data pribadi dan semoga saja di-approve.


2. Mendaftar di Hostry.com

Tujuan utama mendaftar di Hostry adalah untuk mendapatkan free DNS, sebab kita membutuhkan DNS yang nantinya akan kita hubungkan dengan domain .eu.org.


Silahkan langsung melakukan pendaftaran di https://hostry.com


3. Mendaftar .eu.org

Selanjutnya langsung saja lakukan pendaftaran di https://nic.eu.org, jangan lupa aktifkan VPN terlebih dahulu.


Klik Sign Up Here, kemudian klik Register


Masukkan nama kamu (nama asli), email, dan pada kolom di bawahnya isi dengan menggunakan informasi yang sudah kamu dapatkan melalui fakenamegenerator.


Klik Create, selanjutnya akan muncul notifikasi sukses.


Buka email dan klik link aktivasi yang terdapat pada email tersebut.


Selanjutnya klik Validate, kemudian klik Log In dengan menggunakan akun yang telah kamu buat barusan.


Nanti akan muncul jendela seperti gambar berikut, silahkan klik tombol New Domain dan selanjutnya akan muncul jendela baru.


Pada kolom Complete domain name, isikan dengan nama domain yang kamu inginkan lengkap dengan ekstensi .eu.org. Misalnya, domain.eu.org.


Selanjutnya buka tab Hostry, klik Services dan pilih Free DNS


Kemudian masukkan domain .eu.org tadi, lalu pilih create DNS


Setelah itu pilih Create yang kedua akan muncul list DNS, salin DNS tersebut dan masukkan pada kolom Name1 - Name4, lalu klik Submit.


Setelah itu maka akan muncul pemberitahuan bahwa domain .eu.org yang kamu buat sudah berhasil.


Langkah terakhir adalah menunggu pemberitahuan Approved. Biasanya Anda harus menunggu selama 7 hari, namun kadangkala bisa sampai 2 bulan sebelum domain tersebut dapat Anda gunakan.


Demikianlah tutorial bagaimana cara mendapatkan domain .eu.org gratis. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar yang sopan di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.


Sumber:

Pijaria.com

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details