Cara Memasang Anti Klik Kanan di Blogger

arsipbiru_memasang-anti-klik-kanan-di-blogger

Arsipbiru.com - Dalam pembuatan suatu konten atau artikel tentunya harus menguasai berbagai hal agar mampu bersaing di mesin pencari. Mungkin kebanyakan orang berpikir bahwa membuat konten itu sangat mudah. Padahal kenyataannya tidak seperti apa yang dibayangkan.


Dari sebagian besar para blogger, tentunya sudah memahami dan menguasai berbagai hal dalam mengoptimasi artikelnya agar SEO Friendly. Mulai dari membuat artikel yang bagus dan menarik, atau bahkan memilih keyword atau kata kunci yang paling banyak dicari. Hal tersebut dilakukan tidak lain agar artikelnya masuk dalam pencarian teratas di mesin pencari.


Mengingat sedemikian susahnya dalam membuat suatu artikel yang bagus dan menarik, tentunya tidak sedikit para blogger yang melindungi artikel mereka dengan berbagai cara. Misalnya, memproteksi artikel atau konten mereka dengan DMCA, memasang anti copy paste, hingga menonaktifkan fungsi klik kanan pada blog. Hal ini bertujuan tidak lain agar artikel yang telah dibuat susah payah tidak diambil begitu saja oleh oknum yang malas bekerja yang hanya sekedar mengejar penghasilan belaka.


Namun, hal yang dilakukan oleh mereka demi melindungi konten atau artikelnya, tentu berdampak negatif secara signifikan pada trafik blognya. Pengunjung yang menemui blog atau website semacam ini, tentu akan langsung pindah ke blog lain tanpa harus berpikir panjang lagi. Hal ini tentunya akan menurunkan trafik pengunjung di blog kita. Tidak hanya itu, blog kita akan dicap oleh mereka dengan sebutan blog pelit.


Memang sangat bagus untuk melindungi artikel atau konten agar tidak diambil oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun, jika blog atau website dengan niche pembahasan tentang bahasa pemrograman atau pendidikan, tentu hal ini akan membuat 'pengalaman pengunjung' berkurang. Terlebih lagi jika mereka sedang membutuhkan konten atau artikel kita untuk memenuhi tugas-tugas sekolah atau bahkan dalam penulisan kode-kode bahasa pemrograman yang terbilang sedikit rumit.


Sebenarnya masih banyak lagi kerugian dalam menerapkan cara ini dalam melindungi konten atau artikel blog yang akan saya bahas di pertemuan berikutnya. Namun, jika Anda masih ingin memasang anti klik kanan pada blog, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.


Cara Memasang Anti Klik Kanan di Blogger

1. Pertama, masuk ke akun Blogger masing-masing.


2. Selanjutnya, pilih tab menu Tema > klik panah ke bawah Sesuaikan > klik Edit HTML.


3. Lalu cari kode </body>. Biasanya kode tersebut berada di paling bawah.


4. Selanjutnya, silahkan masukkan kode JavaScript berikut ini tepat di atas kode </body>.


<script type='text/javascript'>

var message="Maaf tidak bisa klik kanan";

///////////////////////////////////

function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&amp;&amp;!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&amp;&amp;!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")

</script>

5. Terakhir, klik Simpan Tema dan lihat hasilnya.

Note:
Kode JavaScript di atas akan berfungsi apabila seorang pengunjung melakukan klik kanan pada blog Anda. Bersamaan dengan hal tersebut akan muncul pop-up peringatan "Maaf tidak bisa klik kanan". Tulisan peringatan tersebut dapat dimodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

Berikut tampilan ketika blog tidak bisa diklik kanan.


Demikian tutorial bagaimana cara memasang anti klik kanan di Blogger. Jika ada saran dan masukan, silahkan berkomentar yang sopan di bawah ini. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details