Cara Membuat Blog di Blogger Terbaru

arsipbiru_blog

 

Arsipbiru.com - Saat ini perkembangan akan suatu informasi sudah sangat pesat sekali. Hal ini didukung oleh para Content Creator yang senantiasa memberikan ilmu dan pengalamannya yang dirangkum dalam bentuk artikel melalui suatu website. Dalam membuat suatu artikel dapat melalui platform seperti Blogger, WordPress atau maupun lainnya.

Untuk membuat suatu blog sederhana, Anda tidak harus memiliki skill coding atau web programming. Anda bisa memanfaatkan platform gratis seperti Blogger atau WordPress atau bahkan lainnya untuk memulainya.

Di artikel kali ini, saya akan membagikan bagaimana cara membuat blog di Blogger terbaru. Simak langkah-langkahnya berikut ini.

 

Cara Membuat Blog di Blogger

  1. Langkah pertama yang harus Anda persiapkan adalah akun Gmail. Jika Anda belum memiliki akun Gmail, silahkan daftar terlebih dahulu melalui link ini, Buat Akun Gmail.
  2. Silahkan Anda kunjungi laman www.blogger.com.
  3. Selanjutnya Anda klik tombol "Create Your Blog".
  4. Nanti Anda akan diarahkan untuk Login. Inilah alasan kenapa di langkah pertama diharuskan untuk daftar akun Gmail terlebih dahulu. Selanjutnya silahkan login dengan menggunakan akun Gmail Anda masing-masing.
  5. Buat blog Anda dengan mengisi kolom Judul. Misal, "ArsipBiru". Silahkan sesuaikan dengan blog yang akan Anda buat dan klik "Berikutnya".
  6. Selanjutnya, isi alamat blog (URL) Anda yang akan digunakan sebagai domain. Misal, "arsipbiru" yang nantinya blog Anda memiliki alamat di "arsipbiru.blogspot.com".
  7. Isi Profil Blogger dengan nama Anda dan klik " Selesai".
  8. Selamat! Blog Anda sudah jadi. Anda dapat mengaksesnya sesuai dengan URL yang telah dibuat pada langkah ke-6.

Tahap berikutnya Anda dapat memulai dengan membuat sebuah postingan atau laman, mengatur tampilan website agar lebih keren, dan mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimization) dengan cara melakukan pengaturan pada meta description, menautkan ke Google Search Console, hingga mengintegrasikannya ke Google Analytics.

 

Cara Membuat Blog agar Lebih Menarik

Ada beberapa trik yang perlu Anda perhatikan sebagai blogger pemula agar website Anda menarik di mata pengunjung.

Berikut beberapa trik yang perlu diperhatikan agar website Anda lebih menarik.

1. Gunakan Template Custom

Sebenarnya Blogger telah menyediakan beberapa template atau tema bawaan yang dapat diaplikasikan dengan mudah. Bahkan saat ini, Blogger telah menyediakan template atau tema yang bernuansa minimalis agar tetap relevan di tengah perkembangan zaman. Sayangnya, jika Anda ingin membangun blog profesional tentu saja template bawaan tersebut tidak cukup unik untuk digunakan.

Solusinya, ya, Anda harus bisa mencari developer template custom yang bisa membuat template sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seperti yang kita ketahui bahwa template custom memiliki keunggulan tersendiri dibanding dengan template bawaan. Keunggulan tersebut di antaranya sudah mendukung iklan Google Adsense lebih banyak, SEO Friendly, loading website lebih ngebut, dan lain sebagainya.

2. Optimalkan Gambar atau Video dalam Setiap Postingan

Agar postingan Anda lebih menarik, Anda dapat dapat mengoptimalkan gambar atau video dalam setiap postingan.

Gambar yang digunakan tidak harus gambar suatu kegiatan, bisa juga berupa ilustrasi, hasil tangkapan layar, atau desain grafis.

Sedangkan video bisa juga Anda sisipkan ke dalam postingan. Video yang ingin ditampilkan bisa berupa video yang berkaitan dengan artikel Anda.

Sedikit tips, gunakanlah perbandingan media (gambar/video) dan teks secara proporsional agar pembaca tidak merasa bosan dengan artikel Anda.

3. Manfaatkan Widget di Sidebar

Widget merupakan elemen tambahan yang dapat diletakkan pada bagian-bagian tertentu untuk melengkapi suatu blog.

Agar blog Anda lebih menarik lagi, Anda dapat menambahkan widget sesuai dengan kebutuhan. Anda dapat menambahkan widget popular post, widget latest post, widget profil penulis, atau widget lainnya.

Letakkan beberapa widget di sidebar jika website Anda mendukung layout dengan sidebar. Komposisi dan jumlah widget dapat Anda sesuaikan dengan panjang artikel yang ada di homepage. Posisikan widget agar tidak menumpuk memanjang ke bawah melebihi postingan agar website Anda terlihat elegan dan profesional.

4. Tambahkan Logo

Blog maupun website itu ibarat sebuah brand yang kita bangun di dunia digital. Tentu saja kita butuh sebuah logo untuk memudahkan pembaca mengingat blog yang kita buat.

Anda tidak perlu khawatir, membuat logo kini bisa dilakukan secara online. Ada beberapa website yang menyediakan pembuatan logo secara gratis, misalnya Canva. Di Canva, Anda hanya tinggal edit dan simpan. Sebab di Canva terdapat berbagai template logo yang dapat Anda gunakan secara gratis.

5. Gunakan Domain Top-Level Domain (TLD)

Merubah alamat blog bawaan menjadi lebih pendek dan mudah dihafal juga salah satu trik untuk mempercantik suatu blog. Anda dapat memperpendek alamat blog bawaan Anda dengan memanfaatkan TLD.

TLD merupakan bagian akhir nama domain yang terletak setelah tanda titik atau "dot" terakhir pada domain. Ada banyak TLD yang bisa Anda gunakan. Jika Anda masih merintis sebuah blog dan ingin menggunakan TLD, Anda dapat memanfaatkan domain gratis seperti .TK, .GA, .ML, atau .CO.VU.

Namun, jika Anda memiliki dana yang cukup, Anda bisa membeli domain yang berbayar, seperti .COM, .NET, .INFO, .ORG, .ID, .MY.ID, .WEB.ID, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan domain berbayar dengan biaya yang murah, Anda dapat mendaftarkannya melalui Exabytes.co.id. Harga domain di Exabytes berkisar antara 10 ribuan hingga 300 ribuan. Harga perpanjangan juga terbilang cukup murah dibanding dengan yang lainnya.

Dengan memiliki TLD, website atau blog Anda tidak hanya akan terlihat semakin menarik, namun juga semakin profesional sekaligus berpotensi terindex lebih cepat atau bahkan dapat menduduki posisi pertama di mesin pencari, seperti Google.

Demikian, cara membuat blog di blogger terbaru sekaligus tips dan trik membuat blog semakin menarik. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

Trakteer Saweria
N/A
Traktir creator minum kopi dengan cara memberikan sedikit donasi.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details